Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, melakukan sinkronisasi arah pembangunan daerahnya dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.

"Harus berjalan seiring dan mendukung prioritas nasional. Perlu sinkronisasi antara arah kebijakan pembangunan pusat, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Bogor dalam penyusunan APBD Tahun 2024," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Bogor, Jabar, Kamis.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar kegiatan penyelarasan mengenai arah kebijakan umum dalam penyusunan APBD Tahun 2024 bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan Pemprov Jabar di Ciawi, Bogor, pada Kamis.

Baca juga: DPRD Kabupaten Bogor minta pemkab tentukan arah pembangunan

Ia menjelaskan arah pembangunan Pemerintah Kabupaten Bogor yang diselaraskan dengan pemerintah pusat dan provinsi utamanya adalah mengenai optimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik.

"Saya minta semua program kegiatan agar berorientasi pada peningkatan pelayanan publik," ujarnya.

Burhan juga mengatakan alokasi anggaran APBD Tahun 2024 pada program kegiatan organisasi perangkat daerah atau OPD harus terus diprioritaskan untuk hal-hal yang berdampak kepada peningkatan daya beli masyarakat, kemampuan membayar pajak, dan pembayaran retribusi daerah.

Baca juga: Konsep pembangunan Kota Bogor akan menjauh dari Istana Presiden

"Terus tingkatkan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi di antara perangkat daerah agar APBD Tahun 2024 menjadi lebih berkualitas," ujarnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023