Jakarta (Antara Megpolitan) - Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Soekarnoputri memaparkan pemikiran Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno dalam Simposium internasional ke-2 Universitas Kokushikan, Tokyo, Jepang.

Puti berbicara di Kampus Satagaya, Universitas Kokushikan. Putri tunggal Guntur Soekarnoputra itu hadir atas undangan Program Pascasarjana Ilmu Politik, Universias Kokushikan, Pusat Studi Asia-Jepang, demikian keterangan tertulis yang diterima Antara, Jumat.

Pertengahan tahun lalu, Puti juga diundang oleh universitas yang sama dan menyampaikan pidato berjudul 'Pancasila Bintang Penuntun'.

Pidato umum yang disampaikan Putri tunggal Guntur Soekarnoputra tersebut pada kesempatan kedua berjudul ini bertajuk 'Pancasila Menuju Tata Dunia Baru'.

Simposium internasional ke-2 mengenai Soekarno itu sendiri bertajuk 'Merefleksikan Pemikiran Soekarno'

Puti Guntur, Anggota Komisi X DPR RI yang yang juga Profesor Tamu Universitas Kokushikan itu tidak sendiri. Ia didampingi dua pemateri lain dari Indonesia.

Mereka adalah Bonnie Triyana (Majalah Historia) yang akan berbicara 'Mencari Soekarno Sejati', dan Prof Dr Dadan Umar Daihani membawakan kajian 'Bung Karno: Dunia Pendidikandan Peradaban Bangsa'.

Sedangkan, pihak Universias Kokushikan juga menghadirkan dua pembicara.

Masing-masing Prof MasakatsuTozu yang berbicara 'PolitikNasionalismeSoekarnodan Batik', serta Kaoru Kochi dengantopik 'Hubungan Indonesia-Jepang dan Kajian Mengenai Soekarno di Jepang'.

Yang menarik adalah, Universitas Kokushikan memiliki 'Soekarno Research Center.

Di pusat riset mengenai Soekarno itu, mahasiswa mendalami ajaran-ajaran Presiden Indonesia pertama.Dari waktu kewaktu, peminat Soekarnoisme makin besar jumlahnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016