Prajurit Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja menggelar pengobatan gratis kepada ratusan warga yang tinggal di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tepatnya di Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap pada Senin, (17/7).

Pengobatan gratis tersebut digelar dalam rangkaian memperingati Hari Bakti ke-76 TNI Angkatan Udara (AU) ke-76 Lanud Atang Sendjaja (ATS),  kata Komandan Lanud ATS Marsekal Pertama TNI M Taufiq Arasj di Sukabumi, Senin.

"Hari Bakti TNI AU ini merupakan kegiatan sosial yang bermanfaat dan menyentuh langsung kepada masyarakat, ini sudah merupakan arahan pimpinan kepada kami pelaksana jajaran Lanud ATS dengan menggelar pengobatan massal selama dua hari, pembagian sembako kepada 200 kepala keluarga, pembagian dua kursi roda dan pemberian 10 unit sepeda untuk pelajar sebagai penyemangat dalam proses pendidikan," katanya.

Baca juga: TNI-US Army gelar pengobatan gratis bagi warga Sentul
Baca juga: Polresta, Jasa Raharja dan Mall BTM Kota Bogor gelar pengobatan gratis

Menurut Taufiq, untuk lebih dekat dengan masyarakat dan karang taruna pihaknya juga memberikan bantuan berupa alat olahraga seperti bola voli dan sepak bola.

Kemudian untuk kegiatan puncak pada 26 Juli 2023 pihaknya juga akan mengadakan operasi katarak, bibir sumbing, kemudian pembagian kaki palsu dan beberapa kegiatan sosial lainnya yang diselenggarakan di RS Atang Sendjaja.

Pihaknya menggelar kegiatan ini di Ujung Genteng, karena memiliki kepentingan yakni menjaga lahan negara yang merupakan milik TNI AU dan juga pihaknya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah menjaga dan memahami bahwa mereka bertempat dan bermukim di lahan negara ini.

Baca juga: Polrestro Bekasi berikan pengobatan gratis bagi masyarakat

Kegiatan sosial tersebut juga merupakan wujud apresiasi TNI AU terhadap masyarakat yang ikut menjaga tanah negara ini. Pada 2024 pihaknya akan kembali melaksanakan kegiatan serupa, berupa pengobatan massal dan kegiatan lainnya saat latihan militer yang disisipi dengan bakti sosial lainnya

"Kami berharap kegiatan bakti sosial ini masyarakat dapat terpenuhi untuk masalah kesehatan, karena kami tahu bahwa puskesmas cukup jauh sehingga mudah-mudahan apa yang telah dilakukan ini bisa memberikan sedikit kontribusi kepada masyarakat dalam bidang kesehatan," tambahnya.

Di sisi lain, Taufiq mengatakan pihaknya sebelumnya telah memantau kebutuhan masyarakat khususnya bidang kesehatannya untuk mengetahui penyakitnya apa saja yang rata-rata termasuk apabila ada penyakit yang ditemukan yang memang membutuhkan rujukan, maka pihaknya akan berkomunikasi dengan rumah sakit di Sukabumi atau bahkan bila perlu dibawa ke RS Atang Sendjaja yang biayanya tentu dibantu oleh TNI AU.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023