Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) melakukan penanaman 600 bibit pohon di Taman Wisata Punti Kayu Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Area Manager Comrell & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan di Palembang, Jumat, mengatakan Pertamina bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kota Palembang dan Kelompok Pemuda Lingkungan (KEMUDI) yang berjumlah delapan orang melaksanakan penanaman pohon jenis unglen, damar, pinus, dan salam, dengan total sebanyak 600 bibit pohon dalam upaya mendukung pelestarian keanekaragaman hayati.

Tujuan penanaman pohon tersebut sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam melestarikan plasma nutfah di Sumatera Selatan. Bantuan yang diberikan Pertamina dalam program pelestarian keanekaragaman hayati senilai Rp270 juta.

Baca juga: Danone-AQUA telah tanam 2,5 juta pohon di bagian hulu DAS jaga sumber daya air di Indonesia
Baca juga: Hasto ingatkan pesan Megawati untuk hijaukan lahan kosong dengan menanam pohon

”Langkah konkret dari Pertamina yaitu berkomitmen untuk senantiasa melaksanakan program-program berdasarkan pendekatan adaptasi dan mitigasi aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) dalam mendukung pemerintah dalam melestarikan plasma nutfah. Program ini berkontribusi secara nyata terhadap pencapaian SDGs ke-13 yaitu penanganan perubahan iklim dan ke-15 yaitu menjaga ekosistem darat,” ujarnya.

Nikho berharap program keanekaragaman hayati itu dapat berjalan secara sustainable dan berkelanjutan.

“Melalui program ini diharapkan dapat mendukung pelestarian keanekaragaman hayati selain itu juga dapat mendukung Taman Wisata Punti Kayu sebagai ruang terbuka hijau di Kota Palembang,” kata dia..

Baca juga: Jasa Marga gandeng Yamaha Music tanam 1.000 pohon di Bekasi

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan Panji Tjahjanto menjelaskan bahwa penanaman pohon sangat penting untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati khususnya di Sumatera Selatan.

“Penanaman pohon ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kelestarian plasma nutfah di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan yang dilakukan di Taman Wisata Punti Kayu sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau di Kota Palembang,” katanya.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023