Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan pada Operasi Patuh Lodaya 2023 ini ada tujuh prioritas penindakan kepada para pelanggar aturan berlalu lintas yang tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan dalam berkendaraan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Tujuh prioritas penindakan tersebut adalah penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengendara mobil dan sejenisnya tang tidak menggunakan sabuk keselamatan atau safety belt," kata katanya saat gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya Polres Sukabumi pada Senin.
 


Menurut Maruly, operasi yang digelar selama dua pekan dari 10-23 Juli 2023 ini untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas di kalangan masyarakat, selain itu sebagai langkah pencegahan kecelakaan lalu lintas serta penegakan hukum terhadap para pelanggar peraturan berlalu lintas.

Pada operasi ini Polres Sukabumi juga melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Sukabumi serta unsur TN. Kolaborasi ini juga merupakan wujud sinergi antara kepolisian dengan pemerintah dan TNI 

"Selain memberikan tilang elektronik atau ETLE kepada pelanggar, Operasi Patuh Lodaya juga ditekankan kepada pemberian edukasi terhadap masyarakat khususnya orang tua agar anaknya yang belum memiliki SIM atau belum cukup umur tidak mengizinkan untuk mengendarai kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil, karena rawan terjadi kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Maruly mengatakan selain melakukan razia tempat, pada operasi ini pihaknya meningkatkan patroli keliling, sehingga jika menemukan adanya pengendara yang melanggar aturan bisa langsung ditindak di tempat serta diberikan edukasi. 

Di sisi lain dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan lalulintas Polres Sukabumi bersama Dishub Kabupaten Sukabumi dan TNI menyediakan mobil pameran yang dilengkapi dengan berbagai materi edukatif tentang keselamatan berlalu lintas. Masyarakat dapat mengunjungi mobil pameran ini yang akan diparkir di beberapa titik strategis di wilayah Kabupaten Sukabumi selama pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023