Sukabumi (Antara Megapolitan) - Terminal Tipe A yang berada di Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi, Jawa Barat, dioperasikan pada 28 Oktober 2016 tepatnya mulai pukul 00.00 WIB.

"Pengoperasian terminal yang sempat beberapa kali terhambat ini, kami jamin tidak akan molor lagi. Sehingga mulai pukul 00.00 WIB, terminal yang lama atau Terminal Sudirman harus dikosongkan," kata Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, untuk kelancaran pelaksanaan pengoperasian terminal tersebut, telah dilakukan berbagai persiapan termasuk rapat persiapan dan evaluasi bahkan perwakilan dari Kementerian Perhubungan RI sudah melakukan peninjauan langsung.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, status Terminal Type A menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

Selain itu juga pembangunan Terminal Type A Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi ini dipadukan dengan pembangunan tempat rekreasi dan obyek wisata air panas dan mal empat Lantai yang berada di kawasan terminal tersebut.

"Memang masih ada beberapa kekurangan di terminal ini, namun tidak akan mengganggu pelayanan untuk masyarakat khususnya penumpang," tambah Fahmi yang juga sebagai Ketua FLLAJ (Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Kota Sukabumi.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, mengatakan untuk pelaksanaan pengoperasian terminal tersebut, pihaknya dengan Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota, termasuk dengan Polsek dan Bina Marga Provinsi Jawa Barat telah melakukan berbagai persiapan serta melakukan sinkronisasi jalur keluar masuk bus.

Adapun jalur keberangkatan dan kedatangan bus yang menuju arah Bogor dan Jakarta yakni dari terminal masuk ke arah barat Jalan Lingkar Selatan dan Jalan Raya Cibolang Kabupaten Sukabumi. Serta jalur untuk bus yang menuju arah Cianjur dan Bandung yakni dari terminal masuk ke arah timur Jalan Lingkar Selatan, Jalan Pembangungan dan Jalan RA Kosasih Kota Sukabumi.

"Terminal tersebut juga akan dilalui oleh kendaraan umum L-300 tujuan Sukabumi Bogor dan angkutan kota. Sehingga warga yang ingin ke terminal tersebut sudah ada trayek angkotnya," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016