Tujuh hasil inovasi mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Jurusan Ilmu Administrasi Niaga, lolos Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dekan FIA UI sekaligus koordinator mata kuliah kewirausahaan, Prof. Dr. Chandra Wijaya, di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa serta dosen yang telah bekerja keras, sehingga inovasi-inovasi cerdas yang telah digagas berhasil lolos P2MW 2023 Kemendikbudristek.

"Semoga pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk menghasilkan inovasi yang berguna bagi masyarakat," ujar Chandra.

Baca juga: FIA UI siap dampingi BLUD Rumah Sakit di Banggai Laut Sulawesi Tengah
Baca juga: FIA UI siapkan tiga riset dan pengabdian masyarakat ke 10 desa di Sukabumi

Ketujuh inovasi tersebut adalah MOOV (platform booking secara online lapangan olahraga futsal, badminton, basket, tenis); Discover Jakarta (platform wisata menarik di sekitar Jakarta, Tangerang, menawarkan lokasi-lokasi menarik seputar art &culture, culinary, dan Gen-Z spots); Heat Up (pemanas ruangan portable yang bisa dibawa ke mana-mana, dapat menghangatkan ruangan saat cuaca dingin).

Selanjutnya recloth.id (pakaian daur ulang dari sisa-sisa baju bekas yang diubah menjadi baju baru layak pakai); Totem (totebag multifungsi yang memiliki 3 model yaitu totebag, ransel dan tas jinjing); Chicoffe (minuman yang berbahan dari tanaman roots, dengan rasa yang sama seperti minuman kopi, cocok untuk pengganti minuman kopi); dan Labana (makanan padang siap makan, disajikan dengan daging rendang, sapi, kentang goreng balado, dan sambal lado hijau).

Peserta seleksi berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk ketujuh inovasi mahasiswa FIA UI tersebut, yang lolos seleksi substansi dan justifikasi anggaran oleh P2MW 2023.

Baca juga: Dekan FIA UI: SDM salah satu kunci kemajuan sektor asuransi dan industri keuangan

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa, yang telah memiliki usaha, melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

Program ini berlangsung selama delapan bulan dari registrasi pendaftaran yakni pada bulan Februari 2023 hingga proses pendanaan di bulan Oktober 2023.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023