Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengirim sebanyak 114 warga Kabupaten Sukabumi, Jabar yang merupakan penggiat olahraga dari 11 induk olahraga Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) untuk bertanding pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII Jabar di Kabupaten Bandung.

"Fornas ini akan berlangsung selama tujuh hari di Kabupaten Bandung pada 2-9 Juli 2023," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman di Sukabumi pada Jumat, (30/6).

Menurut Ade, adapun peserta yang menjadi perwakilan Kabupaten Sukabumi pada Fornas VII Jabar paling muda berusia 7 tahun dan paling tua 60 tahun. Mereka akan bertanding di 11 induk olahraga yang dipertandingkan.

Festival olahraga yang pesertanya merupakan masyarakat ini bertujuan untuk mendorong gerakan masyarakat hidup sehat dan meningkatnya budaya olahraga khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Tujuan tersebut sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan sejalan dengan peraturan Menpora RI Nomor 18/2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga.

Ia pun berpesan meskipun Pemkab Sukabumi tidak membebani berbagai target, tetapi para peserta harus memberikan yang terbaik sehingga bisa membuat harum nama Kabupaten Sukabumi.

"Selama bertanding, peserta harus menunjukkan jiwa yang sportif atau tidak melakukan kecurangan gar bisa memenangkan pertandingan, karena festival olahraga ini tujuan utamannya untuk membudayakan dan menarik minat warga secara rutin berolahraga," tambahnya.

Ade mengatakan prestasi memang penting tetapi para peserta harus siap menerima apapun hasilnya baik menang ataupun kalah, tetapi yang paling penting adalah usaha serta perjuangan untuk menggapai prestasi gemilang.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023