Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Jawa Barat, mengerahkan ratusan personel untuk pengamanan dan mengantisipasi kemacetan di daerah ini saat libur Idul Adha 1444 Hijriah

"Ada 248 personel yang dikerahkan saat musim libur panjang Idul Adha tahun ini," kata Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan ratusan personel kepolisian disebar ke sejumlah titik, di antaranya di titik "Rest Area" Jalan Tol Cipularang, Ruas Tol Cipularang, jalur arteri, dan jalur wisata.

Selain itu, katanya, ratusan personel kepolisian disebar ke sejumlah tempat wisata di wilayah Purwakarta.

Baca juga: Pemkab Purwakarta potong 568 hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2023

"Kami mengerahkan 248 personel dari Polres Purwakarta dan tingkat polsek untuk melakukan pengamanan di sejumlah titik saat momentum libur panjang Idul Adha," kata dia.

Selain melakukan pengamanan, beber dia, personel kepolisian bertugas mengurai kemacetan yang berpotensi muncul di sejumlah titik wilayah Purwakarta.

Menurut dia, momentum libur Idul Adha 2023 cukup lama menyusul ditetapkannya cuti bersama sehingga dilakukan penebalan pengamanan di sejumlah titik.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siap jaring wisatawan pada momentum libur panjang Idul Adha

Di lapangan, tampak ratusan personel kepolisian dibantu jajaran TNI serta Pemkab Purwakarta, seperti personel Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Sementara itu, pada momentum libur panjang Idul Adha 2023, Pemkab Purwakarta akan memanfaatkan peluang ini untuk menjaring wisatawan sebanyak-banyaknya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Purwakarta, Acep Yuli Mulya, mengatakan untuk memanfaatkan momentum libur Idul Adha, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan.

Baca juga: Pemkab Purwakarta pusatkan penjualan hewan kurban di sejumlah pasar hewan

Untuk menjaring para wisatawan, kata Acep, pihaknya melakukan sejumlah langkah, di antaranya meningkatkan promosi, memperbaiki berbagai fasilitas destinasi wisata, serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia yang bergelut di sektor pariwisata.

"Kita memastikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan selama berkunjung ke Purwakarta," kata dia.

Hal tersebut dilakukan dengan terus berkoordinasi dengan jajaran TNI-Polri dan instansi pemerintah lainnya, katanya

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023