Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, siap menjaring wisatawan pada momentum libur panjang Hari Raya Idul Adha untuk menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Libur panjang pada momentum Idul Adha ini adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan, agar kunjungan wisatawan semakin meningkat," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis.

Ia menyampaikan, libur lebaran kurban yang cukup panjang disertai cuti bersama pada tahun ini memberi waktu leluasa bagi masyarakat untuk bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Purwakarta.

"Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya. Kita harus bisa menarik wisatawan untuk datang ke berbagai destinasi wisata yang ada," katanya.

Baca juga: Wisata kuliner ayam goreng basah di Purwakarta

Ia menyebutkan, potensi libur panjang harus dimanfaatkan kar ma keberhasilan menarik wisatawan bisa menggerakkan roda perekonomian daerah.

Keseriusan Pemkab Purwakarta menjaring wisatawan saat liburan Lebaran Kurban itu sekaligus sebagai salah satu cara untuk mencapai target kunjungan wisatawan tahun 2023.

Sesuai dengan data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, kunjungan wisatawan di Purwakarta pada tahun ini ditargetkan mencapai 2,5 juta wisatawan.

Hingga Mei 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di wilayah Purwakarta sudah mencapai 1.002.630 wisatawan.

Baca juga: Pengembangan destinasi wisata di Purwakarta

Menurut Anne, persiapan untuk menjaring wisatawan selama libur lebaran dilakukan secara simultan melanjutkan keberhasilan menjaring wisatawan saat libur panjang Lebaran Idul Fitri pada April lalu.

Selama libur lebaran Idul Fitri, kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di Purwakarta mencapai 263.253 wisatawan. Jumlah itu melampaui target yakni 200.000 wisatawan.

Atas hal tersebut, katanya, momentum libur panjang Hari Raya Idul Adha kali ini juga harus benar-benar dimanfaatkan agar kunjungan wisatawan semakin meningkat.

Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Purwakarta Acep Yuli Mulya mengatakan, untuk memanfaatkan libur panjang Hari Raya Idul Adha kali ini, sejumlah langkah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan sudah disiapkan.

Baca juga: Disporaparbud: Jumlah kunjungan wisata selama libur lebaran di Purwakarta memuaskan

Pihaknya juga telah meningkatkan promosi, memperbaiki berbagai fasilitas destinasi wisata, serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia yang bergelut di sektor pariwisata.

"Kita juga memastikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan selama berkunjung ke Purwakarta. Kita terus berkoordinasi dengan TNI-Polri dan instansi pemerintah lainnya. Kita juga merangkul kalangan swasta untuk meningkatkan pelayanan, termasuk menyiapkan akomodasi yang baik," kata Acep.

Di Purwakarta terdapat 62 destinasi wisata, 30 di antaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan sisanya meliputi wisata kuliner, religi dan edukasi. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023