Program Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Pancasila di Kawasan Cinangka Serang Banten diharapkan menjadi media pembelajaran dan kepedulian terhadap permasalahan masyarakat khususnya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor ketahanan kesehatan.  

Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Pancasila Umi Marwati di Jakarta, Minggu mengatakan kawasan binaan ini merupakan hal yang penting untuk mewujudkan Peta Jalan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, diawali  dengan kegiatan Pengabdian kepada Masayarakat secara bersama dengan Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknik dengan mengusung tema bersama "Membangun desa yang sehat, mandiri dan berkeadilan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila". 

Baca juga: Dekan FFUP terima Rekor MURI terkait pengobatan COVID-19

Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dengan Umi Marwati sebagai ketua kegiatan sekaligus sebagai kepala Unit Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Pancasila yang dilaksanakan di Serang Banten pada tanggal 22-24 Juni 2023. 

Kegiatan kolaborasi ini merupakan kegiatan  yang penting sebagai usaha untuk membantu mempercepat tercapainya kualitas Pengabdian kepada Masyarakat serta tercapainya tujuan bersama  dalam memberikan manfaat  yang maksimal bagi masyarakat dan lingkungan sekitar

Dalam kegiatan batch 1, Fakultas Farmasi mengusung tema "Bersama bergerak menuju kemandirian kesehatan berbasis obat tradisional". Lebih lanjut dikatakan Umi Marwati bahwa program ini akan direncanakan secara berkelanjutan.  

Baca juga: FFUP latih masyarakat pembuatan eco enzym menjadi hand sanitizer

Sebagai kegiatan awal ditekankan pada penguatan softskill dari sumberdaya masyarakat Cinangka melalui 59 kader-kader posyandu  dari 14 desa meliputi desa Bantarwangi, Bantarwaru, Baros Jaya, Bulakan, Cikolelet, Cinangka, Kamasan, Karang Suraga, Kubang Baros, Mekarsai, Pasauran, Rancasanggal, Sindanglaya, Umbul Tanjung. 

Kegiatan utama berupa sosialisasi dan pelatihan pelatihan selain diikuti oleh kader-kader posyandu juga diikuti oleh para dosen FFU dan mahasiswa. 

Materi kegiatan awal ini tentang  Herbal dan manfaatnya serta rasionalisasi penggunaan obat tradisional, Rasionalisasi penggunaan antibiotic yang tepat (DAGASIBU), Upaya pencegahan stunting dengan pangan sehat dan seimbang, Penyakit degenerative dan pencegahannya, serta Sanitasi dan Kebersihan dalam kegiatan sehari-hari.   

Baca juga: BPOM gelar webinar, narasumber Dekan FFUP

Selain itu juga dilakukan pembuatan minuman probiotik  dan diserahkan satu paket bahan baku untuk pembuatan minuman kesehatan tersebut. Diharapkan inisiasi produksi minuman kesehatan ini yang dapat meningkatkan imunitas masyarakat dan memperkuat  ekonomi kreatif masyarakat di wilayah Cinangka Serang, Banten.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023