Wali Kota Sukabumi, Jawa Barat, Achmad Fahmi meminta seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memahami laporan keuangan dan mampu membuat rencana bisnis untuk pengembangan usahanya.

"Laporan keuangan merupakan salah satu yang paling penting dalam menjalankan setiap usaha atau bisnis. Sehingga bisa diketahui apakah usaha yang dijalankannya itu berkembang, maju, diam di tempat atau mengalami kemunduran," kata Achmad Fahmi di Sukabumi pada Sabtu.

Menurut Fahmi, laporan keuangan bisa disusun secara sederhana agar dapat diketahui kondisi modal dan keuntungan serta menjadi bahan koreksi untuk mencari solusi agar usahanya berjalan dan pendapatannya meningkat.

Baca juga: DPMPTSP Kota Sukabumi permudah pembuatan NIB untuk ribuan pelaku UMKM
Baca juga: Pelaku UMKM diimbau bisa manfaatkan dunia digital dalam memasarkan produknya

Tidak hanya itu, pelaku UMKM pun harus bisa membuat rencana bisnis secara berkala melalui berbagai inovasi-inovasi dan kreatifitas sesuai dengan perkembangan minat konsumen. Rencana bisnis ini tentunya sangat penting, agar usaha yang dijalankan bisa terus berkembang.

Untuk membantu para pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan pengetahuan tentang dunia bisnis, Pemkot Sukabumi melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi secara rutin memberikan pelatihan agar lebih profesional terutama dari sisi pengelolaan keuangan serta mampu menyusun rencana pengembangan bisnis.

Harus diakui, dari hasil evaluasi yang dilakukan Pemkot Sukabumi menunjukkan masih banyak pelaku UMKM tidak memiliki keilmuan saat menggeluti usahanya, sehingga sering kali gagal mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Personel Polres Sukabumi Kota turut bantu pelaku UMKM dapatkan izin usaha

Sementara dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Diskumindag Kota Sukabumi Agus Mulyana menambahkan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan para pelaku UMKM seperti dengan rutin memberikan sosialisasi dan edukasi dengan menghadirkan narasumber serta praktisi UMKM yang berkompeten dan ahli.

Bahkan belum lama ini pihaknya menggelar pelatihan penyusunan laporan keuangan dan rencana bisnis yang diikuti puluhan pelaku UMKM Kota Sukabumi yang tujuan dari kegiatan ini mereka bisa memajukan usaha sehingga berkontribusi pada peningkatan perekonomian.

Pihaknya pun berharap dengan berbagai upaya dan intervensi program UMKM bisa lebih berkualitas, bagaimana pelaku usaha bisa profesional dalam menjalankan bisnis karena keberadaan mereka berkontribusi pada  pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023