Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta para alumnus sekolah menengah kejuruan (SMK) di daerah itu mampu memperkuat kompetensi kerja agar berdaya saing tinggi.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan penguatan kompetensi kerja melalui keahlian didukung karakter unggul seusai menjalankan masa pembelajaran di SMK, baik melalui pelatihan maupun praktik kerja, menjadi salah satu kunci sukses saat bersaing di dunia kerja mendatang.

"Bahkan selama kalian bekerja, terus tambah kompetensi, keahlian, dan perkuat karakter unggul. Bekerja keraslah demi mencapai cita-cita yang kalian inginkan, dan bersaing secara positif di dunia kerja," katanya saat menghadiri pelepasan lulusan SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Disnaker Bekasi gandeng swasta berikan pelatihan kerja siswa SMK

Menurut dia, agar mampu bersaing di dunia kerja mereka tidak cukup hanya mengandalkan keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan mengingat para pencari kerja dituntut untuk menguasai keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

"Tidak cukup hanya mengandalkan keterampilan pengetahuan bahkan kemampuan saja, perlu skill yang harus dimiliki setiap diri sesuai bidang, kalau perlu explore yang kalian mau," katanya.

Dani mengaku metode pembelajaran yang selama ini diterapkan SMK Mitra Industri MM2100 dalam melatih siswa dan siswi sudah sesuai sehingga kerja sama yang dijalin antara perusahaan di Kabupaten Bekasi maupun luar negeri dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Apindo Bekasi prioritaskan pekerja lokal lulusan SMK

"Saya kira metodenya sudah sesuai, sudah banyak juga siswa siswi yang melakukan magang atau bekerja di perusahaan Bekasi bahkan di luar negeri seperti Jepang dan Jerman," ucapnya.

Dirinya berpesan kepada siswa dan siswi yang baru saja lulus untuk terus menggapai cita-cita dan mengambil seluruh peluang kesempatan kerja yang ada guna mencapai kesuksesan diri.

"Tentu para siswa siswi ini harus mencapai cita-citanya kalau perlu bikin perusahaan sendiri, ambil semua kesempatan kerja yang ada, jangan menunggu dan menunda," ucap dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023