Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyiapkan layanan angkutan bus khusus untuk mengantar siswa ke sekolah secara gratis.

Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dinas Perhubungan OKU Imam di Baturaja, Minggu mengatakan sebanyak lima unit bus angkutan sekolah disiapkan pihaknya khusus untuk melayani pelajar di wilayah itu.

"Bus sekolah ini dioperasionalkan untuk pelayanan pengantaran anak sekolah saja," katanya.

Baca juga: Tekan angka kecelakaan, Dishub Surabaya sediakan sembilan bus sekolah gratis

Dia menjelaskan, layanan antar jemput sekolah yang disiapkan pemerintah daerah tersebut untuk mengurangi kepadatan lalulintas khususnya saat jam sibuk.

Para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan SMP di Kota Baturaja dapat memanfaatkan pelayanan tersebut tanpa dipungut biaya atau gratis.

Hanya saja, kata dia, bus angkutan antar jemput sementara waktu diperuntukkan untuk mengantar siswa ke sekolah yang ada di wilayah perkotaan saja.

"Ada dua rute pelayanan pengantaran anak sekolah menggunakan bus sekolah gratis ini," kata dia.

Baca juga: Intan Fauzi serahkan aspirasi satu unit bus sekolah untuk SMP Islam Taufiqurrahman Depok

Imam menjelaskan, untuk rute pertama dimulai dari Halte depan Kantor Dishub OKU ke Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Lintas Sumatera yang melewati beberapa sekolah seperti SD Negeri 11 dan SMPN 1 Baturaja.

Sementara, rute kedua dimulai dari Halte Dishub melintas di depan Kantor DPRD OKU menuju Jembatan Ogan 3 hingga pemberhentian di halte bus SD Xaverius Baturaja.

"Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat melayani pelajar dan mengurangi kepadatan lalulintas kendaraan di Kota Baturaja," harapnya.

Pewarta: Edo Purmana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023