Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi pabrik kendaraan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atas ekspor perdana mobil Toyota Yaris Cross ke lebih dari 25 negara di Asia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

"Terima kasih dan apresiasi kepada TMMIN semoga bisa menambah bangkitnya produk otomotif Indonesia yang sesuai standar dengan produk global," kata Menperin saat peresmian produksi dan ekspor perdana Yaris Cross di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, Jawa Barat, Selasa

Ia menyampaikan investasi Yaris Cross, termasuk varian hybrid di Indonesia mencapai Rp2,5 triliun. 

Atas hal tersebut diharapkan jumlah unit ekspor Yaris Cross terus meningkat dari tahun ke tahun, dan bisa meluaskan negara ekspornya hingga ke Australia.

Toyota Indonesia pada tahun ini menargetkan ekspor Yaris Cross versi bensin dan HEV sebanyak lebih dari 22.000 unit ke negara-negara di kawasan Asia dan Amerika Latin. 

Toyota juga berharap ekspor Yaris Cross akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target sekitar 40 ribu unit pada 2025.

"Kami berharap Yaris Cross bisa menjadi bagian ekspor dari Indonesia ke pasar Australia," katanya.

Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific, mengatakan, mobil jenis Yaris Cross produksi lokal akan diekspor ke lebih dari 25 negara di Asia hingga Amerika Selatan.

Ia meminta pemerintah terus memberikan dukungan untuk pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri.

"Kami meminta pemerintah untuk melanjutkan dukungannya terhadap teknologi elektrifikasi, sehingga membuat kami bisa memproduksi dan mengekspor dari Indonesia ke berbagai negara di dunia," katanya.

Ekspor perdana ini bukan hanya Yaris Cross Hybrid, tapi juga varian non-hybrid. Kedua varian ini sudah diproduksi di dalam negeri, di pabrik TMMIN Karawang Plant 2 dan 3.

Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN, Bob Azam, mengatakan baterai listrik Yaris Cross sudah dirakit lokal di pabrik Karawang 2, sedangkan mesin diproduksi di pabrik Karawang 3.

"Produksi lokal Yaris Cross, termasuk baterai dan mesin, menjadi bentuk kontribusi kami untuk terus meningkatkan kedalaman industri dalam negeri khususnya dalam meningkatkan jumlah rantai pasok lokal yang terlibat," katanya.


 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023