Bupati Banggai Kepulaun, Sulawesi Tengah, Ihsan Basir mengemukakan bahwa kabupaten yang dipimpinnya memiliki banyak objek wisata alam yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

"Sebagai daerah kepulauan, Banggai Kepulauan memiliki banyak objek wisata alam, objek wisata bahari yang sangat indah dan tidak dimiliki daerah lain," kata Ihsan Basir, dihubungi dari Palu, Sulteng, Selasa.

Banggai Kepulauan yang terletak di bagian timur Sulawesi Tengah dikenal sebagai salah satu daerah wisata. Potensi wisata Banggai Kepulauan juga menjadi andalan Sulteng, yang terus dipromosikan oleh Pemprov Sulteng ke tingkat nasional dan mancanegara.

Beberapa lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri yaitu Danau Paisu Pok terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Permandian Desa Kautu di Kecamatan Tinangkung, Pantai Tebeabul di Desa Bakalan Kecamatan Tinangkung, Teluk Pompon di Desa Lalong, Kecamatan Tinangkung Utara, Pantai Mandel Desa Palam, Kecamatan Tinangkung Utara, Bone Oluno di Desa Abason dan Bone Pololoba di Desa Lopito di Kecamatan Totikum.

Banggai Kepulauan juga menawarkan spot wisata Danau Alani dan Danau Lemelu di Kecamatan Bulagi Selatan. Dua danau ini sangat menarik dan memiliki data tarik tersendiri, terletak di kawasan pegunungan. Di objek wisata ini pengunjung dapat melihat langsung aktivitas kehidupan masyarakat Suku Seasea yang terjaga keaslian peradaban budayanya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan bahwa jumlah total kunjungan wisatawan nusantara tahun 2022 yakni 107.225 orang.

Pewarta: Muhammad Hajiji

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023