Seoul (Antara Megapolitan) - Sebanyak 15 TKI yang bekerja di Korea Selatan resmi menyandang gelar sarjana setelah menyelesaikan studi selama lima tahun di Universitas Terbuka di negara tersebut.

Kedutaan Besar RI di Seoul telah memfasilitasi upacara wisuda sarjana kepada delapan dari 15 TKI yang telah lulus tersebut, demikian keterangan KBRI Korsel diterima Antara, Senin.

Menurut Duta Besar RI untuk Korsel John Prasetio mengatakan kompetisi di antara sumber daya manusia akan semakin sengit.

"Salah satu wisudawan tidak hadir karena harus masuk kerja, sedangkan lainnya sudah keburu pulang karena kontrak kerjanya sudah habis," kata Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Seoul Aji Surya.

Sekitar 200 pengunjung hadir memenuhi ruangan pada saat wisuda tersebut.

Selain Dubes, ikut mewisuda Wakil Dubes Cecep Herawan dan Koordinator Umum UT Korea, Syarif Hidayat

Para wisudawan yang merupakan pekerja di bidang manufaktur telah mengambil studi jurusan Bahasa Inggris dan Manajemen.

"Rata-rata, mereka pulang kerja baru pukul 20.00 malam. Tidak hanya itu, hari Minggu pun terkadang dihabiskan untuk lembur. Tidak heran kalau waktu untuk belajar sangatlah minim," demikian keterangan tersebut.

John menyatakan apresiasinya kepada para wisudawan yang telah meningkatkan daya tawar mereka setelah mencapai sarjana.

"Dunia saat ini diwarnai dengan kompetisi yang sangat ketat. Bangsa Indonesia hanya akan menjadi salah satu negara yang disegani manakala memiliki daya kompetisi yang tinggi. Prediksi positif masa depan Indonesia hanya bisa terwujud dengan kualitas SDM yang tinggi," ujar John.

Dalam wisuda tersebut, sejumlah BUMN, perusahaan lokal dan organisasi kemasyarakatan memberi hadiah sebagai apresiasi bagi wisudawan. 

Pewarta:

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016