Rumah BUMN (Rumah BUMN) BRI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tidak hanya membina dan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM, namun juga merangkul milenial untuk menjadi pengusaha muda.

Mentor RB BRI Makassar Tita Dela Puspita di Makassar, Senin, mengatakan RB BRI memberi kesempatan kepada milenial, termasuk lulusan SMA untuk menjadi pengusaha muda sebab tidak harus memiliki usaha untuk bisa mendaftar anggota RB, namun minimal memiliki rencana memulai usaha.

Sedikitnya ada 10 orang lulusan SMA yang mendaftar sebagai anggota RB dalam bidang craft/kerajinan khususnya menjahit sebagai awal dari rencana memulai usaha.

"Sekitar 10 orang yang baru lulus SMA ikut pelatihan menjahit. Mereka bukan tidak mau kuliah, tapi mereka belum tahu jurusan atau bidang apa yang cocok bagi mereka, sehingga mereka mencoba ikut pelatihan menjahit di RB BRI," ujar Tita, sapaan Tita Dela Puspita.

Setelah pelatihan dilakukan sekitar setahun lebih, kata Tita, sejumlah milenial tersebut mulai memberanikan diri mengambil orderan jahit, sekaligus terus belajar mengenai promo bisnis.

Tita menjelaskan, peserta pemula di bidang menjahit harus melalui beberapa tahapan sebelum membuka usahanya. Setelah lulus kelas dasar, mereka harus belajar terkait cara mengukur, pola dasar, buat atasan hingga rok.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023