Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan kegiatan deklarasi sekolah ramah anak yang diikuti oleh unsur pendidikan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin,  bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak.

"Kegiatan ini harus memberikan energi positif terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi, terutama dalam meningkatkan penjaminan terhadap pemenuhan hak anak," katanya.

Ade mengimbau kepada seluruh yang terlibat pada deklarasi ini tidak menjadikan kegiatan tersebut sebatas seremonial belaka, tetapi harus langsung bergerak untuk mewujudkan apa yang sudah menjadi komitmen bersama.

Di mana anak yang generasi merupakan generasi penerus bangsa harus benar-benar mendapatkan haknya di sekolah mulai dari lingkungan yang bersih, asri, ramah, indah, inklusif, sehat, aman dan nyaman.

Adapun salah satu ciri sekolah ramah anak adanya perlakuan adil bagi semua murid, kemudian seluruh tenaga pendidik menghormati hak anak dan melindunginya, proses dan suasana pembelajaran harus dibuat sebaik mungkin agar anak merasa nyaman, aman, lebih aktif, kreatif serta percaya diri.

Komunikasi dua arah antara guru dengan murid harus lebih intens, sehingga anak berani bercerita dan menjadikan guru sebagai tempat untuk menuangkan keluh kesahnya, selain orang tua di rumah. 

"Media pembelajaran harus lengkap, seperti guru dan murid harus terlibat dalam aktivitas pembelajaran agar anak bisa mengembangkan kompetensinya sesuai dengan keahliannya," katanya.

Sekda pun meminta kepada seluruh peserta agar kegiatan ini benar-benar dilaksanakan demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik, khususnya anak-anak dari Kabupaten Sukabumi yang juga merupakan generasi penerus bangsa.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023