Berbagai karangan bunga yang bertuliskan ucapan duka atas wafatnya mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja berjejer Gedung Manggala Wanabakti di Kementerian LHK, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Auditorium Soedjarwo di Gedung Manggala Wanabakti menjadi lokasi persemayaman jenazah Sarwono sebelum dimakamkan ke San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat.

Jenazah dijadwalkan tiba di Kementerian LHK sekitar pukul 09.00 WIB.
Para pelayat dari Kementerian LHK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tampak mulai berdatangan ke tempat persemayaman.

Sarwono meninggal dunia dalam usia 79 tahun akibat kanker paru. Ia meninggal dunia di Adventist Hospital, Penang, Malaysia, Jumat (26/5), pukul 17.12 waktu setempat.
 
Semasa hidup, ia tercatat menduduki tiga jabatan menteri, yaitu Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Indonesia pada 23 Maret 1988 hingga 17 Maret 1993, Menteri Negara Lingkungan Hidup Indonesia pada 17 Maret 1993 sampai 17 Maret 1998, dan Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia pada 29 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan bahwa Sarwono Kusumaatmaja merupakan salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

 

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023