PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM), anak perusahaan PT Pelindo, menyiapkan dana sebesar Rp140 miliar untuk pengadaan dua kapal baru tipe Abimanyu pada tahun 2023.

Direktur Operasi dan Management IPCM Muhammad Iqbal dalam Media Gathering IPCM di Kabupaten Badung, Bali, Jumat, mengatakan, proses pengadaan akan selesai pada akhir tahun ini dan proses pengerjaan dua kapal tersebut membutuhkan waktu hingga 18 bulan, sehingga bisa selesai pada Juni atau Juli 2025..

Kapal tipe Abimanyu memiliki daya minimal 2x2200 tenaga kuda (HP), dengan mesin bantu berkapasitas 230 kilo Volt Ampere (kVA), disertai dengan pompa pemadam kebakaran (FF1).

Pada April lalu Jasa Armada telah meluncurkan tiga kapal pandu baru, yakni kapal tipe Srikandi 01, Srikandi 02, dan Srikandi 03, masing-masing memiliki daya minimal 2x300 tenaga kuda (HP), yang dapat dioperasikan di seluruh wilayah perairan pesisir, khususnya untuk kegiatan pemanduan kapal.

“Sudah jadi tiga unit, sudah delivery di April (2023), satu lagi Juli delivery, sekarang sudah 98 persen, tahap finishing. Tahun ini tambah dua unit, kalau sampai dengan akhir tahun ini empat,” ujar Iqbal.

Dalam kesempatan sama, Direktur Keuangan PT Jasa Armada Indonesia Tbk Reini Delfianti menyampaikan alokasi dan kebutuhan untuk investasi pengadaan kapal perseroan mencapai sebesar Rp250 miliar, termasuk untuk dua kapal baru tipe Abimanyu.

Hingga kuartal I-2023, Jasa Armada Indonesia memiliki 87 kapal pandu yang terdiri atas 56 kapal tunda (tug boat), 26 kapal perintis (pilot boat), dan 5 kapal penambat (mooring boat).

Perusahaan ini membukukan laba bersih Rp47,14 miliar pada kuartal I tahun ini, meningkat dibandingkan sebelumnya Rp37,7 miliar pada periode sama tahun lalu.

Pewarta: Muhammad Heriyanto

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023