Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PPGLHK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sinta Saptarina Soemiarno mengingatkan bahwa edukasi mengenai pengelolaan lingkungan hidup termasuk pelestarian air bersih penting bagi pelajar.

"Pelestarian air bersih membutuhkan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan. Edukasi adalah bagian penting yang perlu dimulai sejak sekolah dasar," kata Sinta di Jakarta, Jumat.

KLHK mempunyai program edukasi pengelolaan lingkungan hidup melalui Sekolah Adiwiyata atau Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) PPGLKH.

Program tersebut mendukung perubahan perilaku warga sekolah untuk melakukan perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH), yaitu pengelolaan sampah, konservasi air. konservasi energi, penanaman dan pemeliharaan pohon dan tanaman, menjaga kebersihan, sanitasi.

Salah satu program di antaranya "Mizuiku Outdoor Class", kerja sama KLHK dengan PT Suntory Garuda Beverage di Rumah Hijau Denassa, Gowa, Sulsel, pada 22 Mei 2022 yang diikuti oleh sejumlah sekolah dan perwakilan pemerintah daerah, dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia.

 

Pewarta: Suci Nurhaliza

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023