Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyerukan seluruh masyarakat menggunakan pakaian produk lokal setiap hari Selasa dalam membangkitkan harkat, martabat, karakter asli daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi setempat.

Bima Arya di Kota Bogor, Rabu, menyatakan seruan ini tertuju kepada semua kalangan masyarakat agar mau kompak bergotong-royong menggeliatkan perekonomian Bogor, dengan membeli produk pakaian UMKM lokal. 

“Kepada seluruh warga Kota Bogor, seluruh instansi, sekolah, perbankan, perusahaan dan semua elemen di Kota Bogor, saya mengajak untuk menggunakan pakaian produk lokal. Setidaknya setiap hari Selasa," katanya.

Seruan ini telah Bima Arya sampaikan langsung pada momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023 Tingkat Kota Bogor di Alun-alun Kota Bogor, Selasa (23/5). 

"Baju kita, pakaian kita, identitas kita adalah karakter kita. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, mari kita jadikan momentum untuk kebangkitan produk lokal Indonesia,” kata Bima Arya.

Wali Kota Bogor itu pun mengapresiasi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bogor yang setiap hari Selasa telah setia menggunakan pakaian produk lokal, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Bima Arya membuat kebijakan unik terkait pakaian dinas ASN. Ia mewajibkan semua ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk memakai pakaian kasual setiap hari Selasa, khususnya produk Asli Bogor. Kebijakan ini dikeluarkan melalui Peraturan Wali Kota Nomor 30 tahun 2022 mengenai pakaian dinas ASN.

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengeluarkan peraturan wali kota (Perwali) Nomor 30 tahun 2022 yang mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) memakai pakaian hasil produk lokal pada hari Selasa, Kamis dan Jumat. 

Sebelumnya, Bima pun menyatakan pakaian lokal yang wajib dikenakan ASN Kota Bogor bukan produk yang sudah ada di pusat perbelanjaan seperti mal, melainkan produk yang masih diproduksi oleh UMKM lokal.

Wali Kota Bogor itu menegaskan dalam Perwali Nomor 30 tahun 2022, Setiap hari Selasa mengenakan pakaian produk lokal. Setiap hari Kamis  mengenakan pakaian adat Pangsi khas Suku Sunda. Setiap Jumat memakai batik atau pakaian etnik. Jadi ada tiga hari dalam seminggu, kesempatan ASN Kota Bogor untuk menggunakan produk lokal.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023