Sukabumi (Antara Megapolitan) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat mencanangkan progam perumahan donor darah yang dipusatkan di Perumahan Puri Cibeureum.

"Program ini merupakan pertama kali di Kota Sukabumi dan PMI akan mengembangkan perumahan donor darah ini di seluruh kecamatan," kata Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, saat ini sudah ada kelurahan donor darah di lima kelurahan dan kampung donor darah sehingga pihaknya tinggal mengembangkan dengan membentuk perusahaan donor darah.

Kegiatan tersebut, juga membantu Unit Transfusi Donor Darah (UTDD) Kota Sukabumi dalam mencari pendonor di tingkat kelurahan. Selain itu, dapat membuat jejaring untuk ketersediaan darah.

Dengan demikian saat daerah lain kekurangan darah, pihaknya dapat membantu dan tidak khawatir kekurangan darah. Ia juga menargetkan dalam satu kecamatan ada satu unit yang dikelola oleh PMI ranting.

"Program ini, juga memudahkan jadwal pendonoran darah dari masyarakat setiap dua atau tiga bulan sekali. Sebenarnya, potensi donor darah di kelurahan cukup banyak, hanya belum maksimal," tambahnya.

Suranto mengatakan PMI tengah mengadakan identifikasi dan sudah ada kecamatan yang menyiapkan beberapa lokasi untuk kelurahan donor darah yakni di Kecamatan Cikole yang sudah siap dengan tiga kelurahan.

Sementara, Ketua Panitia Perumahan Donor Darah, Anggoro Purwanto mengatakan tingginya partisipasi warga Puri Cibeureum untuk mendonorkan darahnya membuat PMI Kota Sukabumi langsung membentuk kelompok donor darah (KDD).

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016