Cikarang, Bekasi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) setempat mengenalkan tempat bersejarah seperti Gedung Juang dan Saling Ranggon kepada peserta PON XIX.

"Ini dilakukan untuk mempromosikan pariwisata bersejarah kepada peserta PON XIX, dan diharapkan dapat mendongkraknya," kata Kepala Disparbupora Kabupaten Bekasi, Agus Trihono di Kabupaten Bekasi, Rabu.

Menurut dia PON merupakan pesta olahraga terbesar yang dimiliki oleh Indonesia, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri dari masyarakat yang ingin menyaksikan PON.

Selain itu juga mampu menyedot pengunjung untuk mengenal sejarah Kabupaten Bekasi yang kaya dengan nilai perjuangan pahlawan.

"Peluang ini tentu harus dimanfaatkan di sektor wisata. Kami tentunya ingin mengenalkan seperti apa Kabupaten Bekasi," katanya.

Ia menambahkan selain mengenalkan situs sejarah kepada peserta juga akan mengajak untuk wisata industri yang ada di pemerintah daerah setempat.

Dan juga wisata alam seperti di Muara Gembong, dengan konservasi mangrove, dan juga pantainya yang masih asri. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta PON yang akan bertanding atau sesudahnya untuk menikmati wisata yang ada di daerah sekitar.

Pelaksanaan PON XIX Jawa Barat 2016 akan resmi dibuka dalam beberapa hari ke depan pada September. Ada beberapa pertandingan yang akan digelar di Kabupaten Bekasi, di antaranya sepakbola di Stadion Wibawa Mukti.

Lanjut Agus menjelaskan tentang promosi ini akan dilakukan tanpa ada paksaan hanya bersifat umum. Ini dilakukan agar peserta tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses PON berjalan.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016