Fraksi Partai Gerindra DPRD Depok Jawa Barat mendorong percepatan pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo (Luna) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami (Fraksi Gerindra) terus mendorong percepatan pembuangan sampah ke TPPAS Lulut Nambo. Lewat teman-teman di Komisi C," kata Ketua Fraksi Partai Gerindra Mohammad HB di Depok, Kamis.

Selain itu untuk Fraksi Partai Gerindra juga akan melakukan komunikasi dengan Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Bogor untuk percepatan pembuangan sampah ke TPPAS Lulut Nambo.

Baca juga: Legislator Jabar optimistis Pemkot Depok bisa buang sampah ke TPPAS Lulut Nambo

"Saya coba tanya dan ada inisiatif komunikasi antar DPRD itu harus dilakukan. Kami Fraksi Partai Gerindra membantu Pemerintah Kota Depok karena hal ini menjadi persoalan bersama," ungkap Mohammad HB.

Mohammad HB mengatakan kondisi TPA Cipayung sudah memperhatikan atau sudah melebihi kapasitas perlu adanya terobos penanganan cepat.

"Saya kira Pemerintah Kota Depok melalu DLHK punya inovasi. Pernah ada rencana TPA Cipayung akan mengolah sampah jadi tenaga listrik. Sampai sekarang cuma rencana, sementara daya tampung sudah melebihi kapasitas," ungkap Mohammad HB.

Baca juga: Kota Depok butuh percepatan pembuangan sampah ke TPPAS Nambo

Sebelumnya, Kepala TPA Cipayung Ardan menyebutkan tempat pembuangan akhir milik Kota Depok sudah mengalami kelebihan kapasitas sehingga dibutuhkan percepatan pembuangan sampah ke TPPAS Lulut Nambo.

"TPA Cipayung kelebihan kapasitas, dibutuhkan upaya percepatan TPPAS Lulut Nambo," kata Kepala TPA Cipayung Ardan di Depok, Sabtu.

Baca juga: Belum dioperasikan, Pemkab Bogor khawatir TPPAS Lulut-Nambo jadi tempat sampah raksasa

Menurut dia, kondisi tersebut karena lahan TPA Cipayung sudah tidak bertambah dan membutuhkan percepatan pembuangan sampah ke TPPAS Lulut Nambo untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Cipayung.

"Per hari 900-1.000 ton (dibuang ke TPA Cipayung) sementara. lahan TPA Cipayung tidak bertambah," tutur Ardan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023