Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Saputra Hasibuan menilai Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo merupakan Kapolri paling banyak menindak anggotanya yang melakukan pelanggaran sepanjang sejarah Polri di Indonesia.

"Saya kira dalam sejarah Kapolri se-Indonesia, dialah (Listyo Sigit) yang paling banyak menindak anggota Polri, membersihkan sampah, dan benalu di internal Polri, bukan hanya bintara, tapi jenderal," ujar Edi di Jakarta, Minggu.
 
Listyo Sigit telah berkomitmen menghadirkan kemajuan bagi institusi Polri, bahkan karena ketegasannya, mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan mantan Kapolda Sumatera Barat Teddy Minahasa terancam hukuman mati atas tindak pidana yang mereka lakukan.
 
Edi mengakui bahwa banyaknya kasus polisi yang melakukan pelanggaran dan ditindak Listyo Sigit membuat pemberitaan tentang kepolisian memburuk. Meskipun begitu, hal tersebut menjadi hikmah bagi internal Polri untuk membenahi diri.

Ia berharap jajaran kepolisian di tingkat bawah memiliki komitmen yang sama dalam membenahi institusi Polri. Dia mengingatkan jajaran Polri menghindari penyimpangan, hidup dengan kemewahan, dan menyalahgunakan kewenangan.
 
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023