Wuling Motors resmi melokalisasi ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air dari hulu ke hilir serta melakukan penandatanganan nota kesepahaman investasi proyek baru KBLBB (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai) Wuling di Indonesia.

Ini merupakan tonggak baru perjalanan Wuling dalam rangka mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan yang dicanangkan pemerintah. 

"Tentunya menjadi komitmen nyata Wuling dalam mengembangkan ekosistem dan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dari hulu hingga hilir," kata Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong dalam keterangan resmi, Sabtu (29/4).

Lokalisasi baterai kendaraan listrik sebagai bentuk kerja sama strategis antara Wuling dan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-Tech), yang diresmikan pada November 2022 lalu.

Wuling juga menandatangani Nota Kesepahaman Investasi Proyek Baru Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) antara PT SGMW Motor Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia.

"Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN dan bisa menjadi hub produksi untuk wilayah yang lebih luas, seperti ASEAN, Australia, bahkan Afrika. Melihat pertumbuhan kendaraan listrik yang sangat besar di Indonesia, Wuling berpotensi masuk ke pasar kendaraan listrik dengan pasar yang masih baru dan pilihan yang masih sedikit," ucap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Wuling juga secara simbolis menyerahkan 50 unit kendaraan listrik buatannya Air ev untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo yang berlangsung di bulan Mei 2023.

Serah terima secara simbolis ini dilakukan oleh Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong kepada Kementerian Sekretariat Negara yang diwakili oleh Sekretaris Kemensetneg Setya Utama.

Baca juga: MediaTek mengenalkan Dimensity Auto inovasi untuk kendaraan pintar

Baca juga: "Honda e" mobil listrik mungil mulai diperkenalkan di Indonesia



 

Pewarta: Chairul Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023