Dubes RI untuk Australia Siswo Pramono mengapresiasi Victorian Indonesia Language Teacher’s Association (VILTA)  telah memfasilitasi pengiriman guru bantu Bahasa Indonesia untuk sekolah-sekolah di Victoria.

Siswo mengutarakan soal ini pada acara “2023 VILTA Annual Conference” di Melbourne yang dihadiri 120 guru Bahasa Indonesia di Victoria.

Acara yang menghadirkan Profesor Julian Millie dari Universitas Monash itu mengambil tema "Menggalakkan Program Bahasa Indonesia."

Siswo menilai program Bahasa Indonesia perlu digalakkan di Australia dan para guru Bahasa Indonesia bisa menjadi ujung tombak untuk upaya itu.

"Kita tahu, salah satu kendala pembelajaran bahasa Indonesia di Australia adalah kurangnya jumlah guru," kata Siswo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Siswo menganggap saat ini momen tepat untuk menggalakkan Bahasa Indonesia, mengingat pemerintah Australia tengah mempromosikan Asia Literacy kepada siswa-siswa Australia.

Indonesia dianggap salah satu negara penting yang perlu dipelajari oleh masyarakat Australia, kata Siswo.

Presiden VILTA Silvy Wantania mengungkapkan pengiriman guru bantu sudah berlangsung sejak 2021, namun sempat terhenti pandemi COVID-19.

"Tahun 2023 ini, kita akan mulai pengiriman guru bantu secara luring", kata Silvy.

 

Pewarta: Asri Mayang Sari

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023