Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto berharap besar pada 32 kepala desa terpilih yang baru dilantik pada 27 April 2023.

"Kami berharap kepada para kepala desa harus jadi titik tengah, berada di tengah-tengah masyarakat. Jadi supaya kades tetap netral," kata Rudy usai menghadiri pelantikan di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis.

Kepemimpinan kepala desa, katanya, mengakselerasi pembangunan desa. Kades harus berada di tengah masyarakat dan bersama masyarakat menggali potensi yang ada di desa.

Rudy menyampaikan, kepala desa harus bersikap terbuka dan merangkul semua lapisan masyarakat, termasuk yang berbeda dukungan pada Pilkades lalu. 

Menurut dia, Pilkades yang telah dijalani harus dijadikan proses pendidikan demokrasi. Semua pihak harus menerima hasil akhir dan kembali bersatu untuk membangun desa bersama-sama.

"Konsolidasi harus dilakukan, Kades terpilih harus mau merangkul dan memberi ruang serta kesempatan ke semua lapisan masyarakat membangun desa," katanya.

Terlebih, kata Rudy, saat ini Indonesia sudah memasuki tahapan Pemilu 2024. Pemilu yang menjadi pesta demokrasi untuk seluruh masyarakat juga harus dikelola dengan baik. 

Rudy meminta, para kades berkomitmen untuk berdiri di tengah-tengah masyarakat.

"Pesta demokrasi ini jangan dijadikan untuk memecah belah masyarakat Indonesia tetapi pesta demokrasi ini agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya untuk menentukan masa depan bangsa," kata Rudy. 

Selain itu, ia juga meminta kepada para kades yang baru dilantik untuk mampu mengembangkan potensi di wilayah desa mereka masing-masing.

"Kami berpesan kepada seluruh kades, tugas bapak ibu cukup berat dan semoga bisa memaksimalkan potensi yang ada di desanya masing-masing untuk membangun Kabupaten Bogor ke depan yang lebih baik lagi," tuturnya.

Baca juga: Plt Bupati Bogor lantik 32 kepala desa terpilih

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023