Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal perdagangan Kamis, naik didukung pelemahan indeks dolar AS.

Rupiah pada Kamis pagi dibuka meningkat lima poin atau 0,04 persen ke posisi Rp14.831 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.836 per dolar AS.

"Kami melihat ada kecenderungan dolar AS melemah, dengan kecenderungan indeks dolar AS yang masih berada di kisaran 101-102," kata ekonom Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Rully mengatakan pelemahan dolar AS disebabkan oleh  tanda-tanda perlambatan ekonomi AS, antara lain tingkat pemesanan barang modal inti yang lebih dalam dari ekspektasi. 

Pesanan barang modal inti AS pada Maret membukukan penurunan bulan ke bulan sebesar 0,4 persen, meleset dari ekspektasi pasar akan ekspansi 0,2 persen, menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS.

Data menunjukkan bahwa pesanan baru untuk barang-barang modal utama manufaktur AS turun lebih dari yang diharapkan pada Maret, menunjukkan bahwa pengeluaran bisnis untuk peralatan kemungkinan akan menghambat pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal pertama.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023