Jakarta (Antara Megapolitan) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penuh berbagai kegiatan yang mempromosikan budaya lokal, seperti yang digencarkan pada Festival Pesona Saronde di Pulau Ponelo, Gorontalo Utara.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar, Raseno Arya dalam keterangan tertulisnya, Kamis mengatakan pihaknya terus berpartisipasi dalam pengembangan kegiatan kepariwisataan daerah.

Tujuannya lanjut dia untuk meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan masyarakat di wilayah sekitar dengan masuknya para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Acara Festival Pesona Saronde yang dimerihakan dengan berbagai macam perlombaan gelar mulai Kamis (1/9) hingga Minggu (4/9) tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Gorontalo.

Perlombaan tersebut, kata Raseno, antara lain, reli perahu tradisional, perahu hias, dan lainnya. Selain itu, akan dipromosikan kuliner khas Gorontalo seperti sate tuna dan ikan bilendango. Ada juga kegiatan tari saronde, bela diri langga, hingga mempromosikan baju adat biliu.

Raseno menjelaskan destinasi wilayah Sulawesi, Kepulauan Saronde, yang masuk wilayah Gorontalo Utara itu sangat indah. Jadi, tempat tersebut layak dipromosikan agar kekayaan budaya di daerah itu bisa dinikmati semua lapisan masyarakat.

Saronde merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan di Kabupaten Gorontalo Utara. Nah, Kepulauan Saronde menjadi destinasi dunia. Di kepulauan tersebut, terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang mengelilingi dan menjadikan kawasan hopping island terpopuler di Gorontalo.

"Tentunya, itu menjadi magnet bagi semua wisatawan lokal, Nusantara, maupun mancanegara," ujarnya.

Dukungan pemerintah pusat, kata Raseno, akan disinergikan dengan Pemda setempat. Sebab, hal tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan sarana utama maupun penunjang. Karena itu, pihaknya terus membantu mempromosikan Pulau Saronde sebagai objek wisata ikonis di Provinsi Gorontalo.

"Kawasan tersebut juga kerap disinggahi kapal-kapal Cruise dan Yatch dan merupakan kawasan yang menuai pujian dari wisatawan mancanegara. Kawasan itu juga diminati para investor luar negeri. Terutama kawasan Timur Tengah untuk mengembangkan pesona kepariwisataan tanah air," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016