Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memastikan kualitas perbaikan infrastruktur jalan yang dijadikan jalur alternatif mudik Lebaran tahun ini mendapatkan jaminan selama dua tahun ke depan dari rekanan pelaksana.

"Saya cek cukup bagus yang dikerjakan kontraktor di Jalan Inspeksi Kalimalang dengan menggunakan beton yang sangat kokoh, pemeliharaan juga dua tahun ditanggung kontraktor," katanya saat meninjau hasil perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang Ruas Cibitung, Rabu.

Ia mengaku Jalan Inspeksi Kalimalang ruas perbatasan Kota dan Kabupaten Bekasi masih diberlakukan satu jalur mengingat saat ini sedang dalam tahap perbaikan dengan target selesai beberapa hari ke depan.

Baca juga: Pemkab Bekasi optimalkan pekerjaan perbaikan jalur alternatif mudik
Baca juga: Pemkab Bekasi segera perbaiki jalan ambles di Tambun Utara

"Kalau untuk ruas ini kita sedang perbaiki dalam dua atau tiga hari agar bisa dipakai sebelum lebaran, dari penanganan anggaran darurat," katanya.

Dani mengatakan selain itu akses di bawah tol Cibitung juga dikerjakan selama lima hari kerja dengan menggunakan pengaspalan hotmix jalan sepanjang 730 meter.

"Ini pengadaan barang menggunakan e-katalog, membuktikan dengan cara ini bahwa kita lebih cepat, hasilnya memuaskan serta memelihara jalan selama dua tahun," katanya.

Ia mengungkapkan harapan masyarakat terkait dengan perbaikan infrastruktur tersebut.

Baca juga: Pemkab Bekasi mulai perbaiki jalur mudik Lebaran 2023

"Seperti harapan masyarakat mudah-mudahan bisa terpenuhi. Untuk titik-titik yang banyak dikeluhkan akan kita tangani setelah Lebaran nanti," imbuhnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan masih ada perbaikan di 119 titik ruas jalan wilayahnya.

Perbaikan Jalan Ruas Cibitung-Tegalgede dan Tegalgede-Batas Karawang sudah dikerjakan hampir 80 persen. Sisanya 20 persen akan dilanjutkan setelah lebaran.

"Dengan panjang jalan 730 meter dan lebar badan jalan 7,5 meter telah selesai dilakukan pengaspalan menggunakan dua lapis pengerasan, yakni Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) ketebalan 6 centimeter, dan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) ketebalan 4 centimeter, sehingga total ketebalan pengaspalan di jalan tersebut 10 centimeter," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023