Sebanyak 200 warga mengikuti kegiatan mudik gratis BUMN bersama PT Pupuk Kujang Cikampek pada musim mudik Lebaran 2023.

"Ada empat bus yang disiapkan dalam program mudik gratis ini," kata Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi di Karawang, Jabar, Rabu.

Ia menyampaikan kondisi bus untuk mengantar masyarakat itu sudah dicek berikut kesehatan semua pengemudinya dan semua dalam kondisi prima.

"Kita juga sediakan makanan ringan untuk penumpang yang berbuka puasa. Tak lupa obat-obatan untuk berjaga-jaga," kata dia.

Baca juga: Polres Karawang sediakan mudik gratis dengan kuota 500 orang melalui jalur Pantura

Rute dalam program mudik gratis ini ialah ke sejumlah wilayah di Priangan Timur dan ke wilayah Pantura Jawa Barat.

Dalam program mudik gratis kali ini, Pupuk Kujang menyediakan empat bus tipe high decker double glass. Keempat bus ini dilengkapi dengan suspensi udara yang bisa membuat penumpang lebih nyaman.

Ia mengatakan kalau program mudik gratis ini merupakan kegiatan tahunan perusahaan menjelang Idul Fitri.

Selain membantu masyarakat untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman, program yang diinisiasi Kementerian BUMN ini diharapkan bisa meringankan beban jalan.

Baca juga: Sebanyak 500 warga Karawang ikut program mudik gratis Polres Karawang

Kemenhub telah menghitung program mudik gratis dari sejumlah instansi bisa mengurangi beban jalan pada musim mudik sebanyak 3-4 persen.

Salah seorang pemudik gratis asal Pagadungan, Cikampek, Euis Rosmiyati mengaku dirinya mengikuti mudik gratis karena merasakan berbagai manfaat, salah satunya bisa menghemat ongkos.

"Jika biasanya biaya mudik bolak-balik ke kampung halaman mencapai Rp1 juta lebih, kalau ikut mudik gratis ini kan bisa lebih hemat. Uangnya bisa dipakai untuk kepentingan lain," katanya.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023