Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono melakukan pengecekan terhadap sopir bus dan kesiapan kendaraan sebelum berangkat mengantar pemudik agar selamat sampai tempat tujuan.

"Pengecekan ini dilakukan Terminal Jatijajar guna memastikan pemudik tiba di kampung halaman dengan selamat," kata Imam Budi Hartono di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Ia mengecek kesiapan sopir mulai dari segi tensi, kadar gula, hingga memastikan sopir tidak mengkonsumsi alkohol dan narkoba di Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos. "Alhamdulillah semua bagus hasilnya," kata Imam Budi.

Baca juga: Pemerintah Kota Depok larang ASN gunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran

Selain sopir, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap kelayakan bus mulai dari sisi pengereman, lampu, ban, dan lain sebagainya. "Kendaraan yang layak, kami kasih stiker. Yang tidak layak tidak ada stiker," katanya. 

Pemkot Depok juga ikut memantau arus mudik bersama Polres Metro Depok melalui  tujuh pos pantau yang tersebar di seluruh wilayah Depok.

"Untuk pos kesehatan ada dua titik di Terminal Jatijajar yang dapat dimanfaatkan oleh pengemudi ataupun para pemudik," katanya.

Baca juga: Pengelola Tol Cijago siap antisipasi lonjakan kepadatan arus mudik lebaran

Selain itu ia juga mengingatkan para pemudik untuk mengutamakan keselamatan. 

Imam Budi Hartono bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melepas keberangkatan ribuan pemudik di Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos.

Ribuan pemudik ini terdaftar dalam program mudik gratis bertajuk "Mudik Aman Berkesan" yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Terdapat 110 bus yang diberangkatkan, dengan kurang lebih 4.300 pemudik.

Baca juga: Kota Depok siapkan tujuh pos pengamanan mudik Lebaran

Imam Budi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenhub yang telah menyediakan bus yang baik untuk warga Depok yang hendak mudik. Warga merasa senang sekali difasilitasi untuk pulang kampung, setelah selama setahun ada di Kota Depok.

"Semoga aman, nyaman, berkesan dan pergi sehat pulang sehat," ujar Wakil Wali Kota Depok itu.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023