Pemerintah Kota Bogor dan perusahaan swasta PT Plasticpay Teknologi Daurulang (Plasticpay) serta Bank Syariah Indonesia (BSI) berkolaborasi dalam pengrlolaan sampah plastik melalui gerakan pemilihan sampah dari hulu melalui mesin pembuangan botol plastik atau reverse vending machine (RVM). 

Corporate Communication dan Partnership Plasticpay Imam Pesuwaryanto di Kota Bogor, Rabu, mengatakan telah melakukan audiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya pada Senin (10/3) lalu membahas kolaborasi tersebut untuk segera diimplementasikan. 

Ia mengajak masyarakat bersama-sama melakukan pemilahan sampah dari hulu melalui RVM. Masyarakat akan mendapatkan hadiah dan manfaat secara langsung tiap penukaran sampah botol plastik di RVM berupa uang digital, jejak karbon yang terkurangi, lahan yang terselamatkan hingga botol yang terkumpul untuk dijadikan produk daur ulang. 

"Selain mendapatkan reward berupa poin sebesar Rp56 perbotol, botol-botol yang terkumpul ini juga bisa mengurangi tumpukan sampah dan bisa menjadi produk daur ulang bernilai tinggi," katanya. 

Imam mengatakan jenis botol plastik yang diterima di RVM ini yakni hanya yang berjenis Polyethylene Terephthalate (PET 1) yang tertera di bawah botol plastik produk minuman kemasan.

Di RVM ini juga menerima botol plastik dengan ukuran mulai dari kemasan 250 ml, 500 ml sampai satu liter.

Sebelum memasukkan botol ke RVM, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi plasticpay kemudian mencari titik lokasi RVM terdekat.

"Di 2022 kami sudah menempatkan RVM di Mal BTM bekerja sama dengan Indosat," katanya.

Sementara pada tahun ini pihaknya bekerja sama dengan BSI.

Penambahan RVM ini juga karena melihat animo masyarakat Kota Bogor yang sangat tinggi.

"Ini sesuai dengan tujuan kami ingin masyarakat Kota Bogor bisa bertanggung jawab terhadap pemilahan sampah botol plastik yang mereka hasilkan setiap harinya," kata Imam.

Senior Relationship Manager BSI Gery Abdel Gafar mengatakan, BSI hadir bersama Plasticpay di Kota Bogor selain karena ini merupakan bagian dari Maqashid Syariah, yakni menjaga lingkungan juga untuk memunculkan pola pikir (mindset) baru kepada masyarakat Kota Bogor bahwa untuk membuang sampah ada upah (reward) yang bisa didapat.

BSI memberikan spesial reward yang tadinya Rp56 per botol menjadi Rp200 perbotol bagi nasabah BSI dan bisa langsung dikreditkan ke rekening nasabah BSI.

"Kami mendorong Plasticpay untuk hadir di Kota Bogor agar semakin banyak masyarakat Kota Bogor yang awalnya tidak peduli terhadap sampah jadi lebih peduli untuk memilah sampah, apalagi ada bonus ketika membuang botol plastik di RVM," katanya. 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023