Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, menggelar operasi pasar murah bersubsidi di sejumlah kecamatan, sebagai upaya mengatasi inflasi pangan nasional.

"Kali ini operasi pasar murah (OPM) bersubsidi digelar di Kecamatan Bojong, Kiarapedes, Tegalwaru dan Kecamatan Pondoksalam," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Rabu.

Ia menyampaikan kalau OPM tersebut digelar dengan dukungan anggaran dari Pemprov Jawa Barat.

"Ada 3.840 paket sembako bersubsidi yang disajikan dalam OPM bersubsidi melalui APBD Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Bupati Purwakarta minta dukungan operasi pasar murah Ramadhan

Sedangkan jika ditotalkan sumber APBD Purwakarta dengan APBD Jabar, maka terdapat sekitar 6 ribu paket sembako yang disebar dalam OPM bersubsidi tersebut.

"Alhamdulillah hari ini bersama dengan Pemprov Jabar, kita melaksanakan OPM bersubsidi, jika total dengan yang berasal dari APBD Purwakarta dan APBD Jabar kurang lebih sekitar 6.000 paket yang kita sebar di Purwakarta," kata Anne.

Menurut dia, Pemprov Jawa Barat menyubsidi sebesar Rp79.650 setiap paketnya. Sehingga masyarakat membelinya atau bayar paket sembako itu Rp85.500.

Baca juga: Operasi pasar Pemkab Purwakarta siapkan ribuan paket sembako

Paket sembako itu terdiri atas 5 kilogram beras, 2 kilogram gula kristal, 2 kilogram terigu dan 2 liter minyak goreng.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Purwakarta yang hari ini kebutuhannya semakin meningkat menjelang lebaran," kata bupati.

Pada hari yang sama, bupati juga melakukan peninjauan pelaksanaan bazar Ramadhan, di halaman kantor Kecamatan Maniis.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siapkan 7.200 liter minyak goreng untuk operasi pasar

Dalam bazar tersebut, disediakan dan dijual kebutuhan bahan-bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur ayam, daging ayam, daging sapi, berbagai macam sayuran, serta berbagai produk UMKM di Kecamatan Maniis.

Menurut dia Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan kegiatan bazar Ramadhan ini untuk membantu kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang terjangkau, baik berupa bahan sembako maupun kebutuhan lainnya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023