Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, siap memeriahkan peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) tingkat kabupaten yang jatuh pada tanggal 25 April 2023.

"Kami harap peringatan Hari Otda kali ini dapat dikemas dengan menarik dan memiliki gaung yang besar. Tahun ini otonomi daerah kita memasuki usia ke-27, usia yang cukup dewasa untuk memacu semangat otonomi daerah," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin di Cibinong, Bogor, Selasa.

Menurutnya, peringatan Otda yang akan dikemas menarik dan gaung yang besar itu diharapkan dapat membentuk aparatur sipil negara (ASN) yang proaktif dan berakhlak untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Berbagi kursi dengan calon daerah otonomi baru di Kabupaten Bogor
Baca juga: Jawa Barat serahkan usulan tiga calon daerah otonomi baru ke Kemendagri

Burhan menyebutkan, peringatan Hari Otonomi Daerah juga akan menjadi momentum bagi Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menentukan arah kebijakan dan memantapkan pelaksanaan Otda.

Ia menjelaskan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah ini didasari Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996 yang menetapkan tanggal 25 April Hari Otonomi Daerah dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otda.

"Sementara tema besar yang diusung pada peringatan Hari Otda Tahun 2023 yaitu 'Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul'," kata Burhan.

Baca juga: Pemkab Bogor tetapkan tiga pemenang Grand Final Putri Otonomi Daerah 2022

Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Yodi Mufrod Sudjana Ermaya menambahkan saat ini Pemerintah Kabupaten Bogor telah melakukan tahapan persiapan pelaksanaan peringatan Hari Otda untuk menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 100.2.8/1582/OTDA.

Salah satunya, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bogor diminta menyosialisasikan dan menggelar upacara peringatan Hari Otda secara serentak pada tanggal 29 April 2023.

"Kami sudah melakukan rapat pembahasan lebih detail mengenai persiapan berbagai rangkaian peringatan Hari Otda di Kabupaten Bogor mulai dari kegiatan sosialisasi, bakti sosial, hingga upacara peringatan," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023