Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berkomitmen mengendalikan laju inflasi daerah dengan melakukan sinergi ke berbagai pihak.

"Salah satu upayanya ialah dengan membangun sinergi dengan pihak untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Jateng, Kamis.

Ia menyampaikan pengendalian inflasi itu ditempuh untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan.

Baca juga: Pemkab Purwakarta gulirkan program padat karya sebagai upaya penanganan inflasi

Selain itu, juga menjaga keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

"Sinergi bersama dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan harus dilakukan untuk mengendalikan inflasi," kata dia.

Hal tersebut dilakukan dengan turun ke pasar dan sentra produksi dalam memastikan kecukupan stok barang kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

"Jadi pelaksanaan operasi pasar penting dilakukan untuk memastikan adanya akses pangan murah bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta sediakan Rp1 miliar untuk bantu ratusan pelaku UMKM

Pemkab Purwakarta mengagendakan kegiatan bazar murah yang digelar di 11 titik selama bulan suci Ramadhan. Kegiatan itu ialah dengan menjajakan beras murah, minyak, telur dan lain-lain.

Poin penting lainnya dalam mengendalikan laju inflasi, kata Anne, yakni dengan mengoptimalkan APBD serta mengawal kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok ke pasar-pasar rakyat di setiap wilayah.

"Keterlibatan sejumlah pihak dalam pengendalian inflasi didasarkan pada pertimbangan bahwa inflasi yang tinggi dan tidak stabil memberikan dampak negatif kepada kondisi sosial ekonomi masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta sediakan pangan murah di acara Gempungan

Bupati juga menegaskan jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan terus melakukan inovasi untuk mengakselerasi pelaksanaan pengendalian inflasi melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku terkait.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023