Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat membentuk enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan dengan mengerahkan 350 personel gabungan TNI dan Satpol PP pada Operasi Ketupat yang akan dimulai pada 18 April-1 Mei 2023 untuk mengawal arus mudik, libur panjang dan arus balik lebaran.

"Untuk persiapan Idul Fitri dari Bogor Kota, khususnya dari Polresta Bogor Kota kita bentuk ada enam pos pam dan satu pos terpadu, nanti disiagakan di beberapa titik kerawanan," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol. Bismo Teguh Prakoso saat diwawancarai usai menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral tahun 2023 dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1444 hijriah di Makopolresta Bogor Kota, Kamis.

Kombes Pol. Bismo menerangkan ratusan personel yang tersebar dalam tujuh pos tersebut akan mengamankan rangkaian Idul Fitri mulai dari keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada malam takbir, pemantauan rumah yang ditinggal mudik, hingga menjaga kondusifitas pelaksanaan shalat Id.

Baca juga: Kepolisian menyebar nomor aduan ke warga Kota Bogor

Petugas juga menyebar ke pasar-pasar, sentra-sentra pembelanjaan, sentra-sentra perbankan dan keuangan, sejumlah lokasi wisata, tempat rekreasi, tempat-tempat ziarah serta keamanan di jalan raya.

"Jangan sampai ada mungkin karena sepi, mungkin orang over speed, kecepatan tinggi, sehingga kerawanan menimbulkan kecelakaan, harus kita antisipasi," jelasnya.

Kombes Bismo menuturkan, petugas gabungan akan patroli ke rumah-rumah kosong yang ditinggalkan mudik bekerja sama dengan masyarakat, dengan instansi terkait dan TNI.

Baca juga: Satlantas Polresta Bogor Kota siagakan 87 personel saat libur wafatnya Isa Almasih

Polresta Bogor akan mengaktifkan kembali polisi RW yang akan mulai mengikuti apel di Hari Sabtu (8/4) dengan mengundang Wali Kota Bogor Bima Arya, Dandim, para lurah, Kapolsek, Danramil, para Bhabinkamtibmas dan polisi RW yang berjumlah 591 personel.

Mereka akan berkolaborasi, mendengar dan mencari solusi, terhadap berbagai masalah kamtibmas yang ada di lingkungan masing-masing. Diharapkan dengan berkolaborasi dapat memetakan permasalahan mereka dan memberikan solusi pencegahan situasi kamtibmas di wilayah masing-masing.

"Bersama-sama kita membangun jaringan, sama-sama kita informasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Polresta Bogor Kota buka nomor telepon pengaduan THR

Juga, kata Kombes Bismo, jelang pelaksanaan Idul Fitri pada malam takbir, di depan Polresta Bogor Kota tepatnya di Alun-alun kota biasanya banyak keramaian, banyak yang belanja dan sebagainya sehingga akan disiagakan personil kepolisian.

"Nah ini kita akan gelarkan pasukan ya, kemudian hadir petugas di lapangan dan juga kita mengantisipasi agar masyarakat tidak menjadi korban dan sebagainya," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023