Bekasi (Antara Megapolitan) - Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan pelaksanaan pengerjaan fisik perbaikan tanggul Kali Bekasi di Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kecamatan Jatiasih, akan dimulai awal September 2016.

"Dari total 42 peserta lelang, saat ini pemenang lelangnya sudah keluar, yakni PT Jatisibu Karya Anugerah, dengan nilai Rp2,8 miliar lebih," kata Sekretaris Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi Arif Maulana di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, alokasi dana itu diperuntukkan kegiatan pembangunan dan penguatan tanggul serta perbaikan pintu air Kali Bekasi di Perumahan Pondok Mitra Lestari.

Proyek tersebut rencananya akan dikerjakan pada tanggul yang berdekatan dengan gerbang utama PML yang pondasinya amblas sekitar 10 meter.

Selain itu, penguatan tanggul juga akan dilaksanakan di RT10 dekat kantor RW13 yang sempat jebol karena posisinya yang tegak lurus dengan aliran Kali Bekasi.

"Kita juga akan mengganti dan menambah sejumlah pintu air yang sempat rusak akibat diterjang banjir," katanya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi Tri Adiyanto menambahkan Perumahan Pondok Mitra Lestari merupakan kawasan yang masuk dalam zona rawan banjir akibat luapan Kali Bekasi.

Hampir setiap tahun perumahan yang dihuni sekitar 450 kepala keluarga itu diterjang banjir dengan ketinggian hingga satu meter.

"Untuk itu Pemerintah Kota Bekasi telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana penanggulangan banjir dan pemulihan infrastruktur setiap tahunnya di Pondok Mitra Lestari hingga 2018," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016