Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melanjutkan tradisi berbagi takjil gratis pada Ramadhan 1444 Hijriah di depan gerbang kompleks perkantoran pemerintah daerah di Cibinong, Bogor, setiap menjelang buka puasa.

"Semua dinas saya instruksikan agar setiap hari bergantian membagi-bagikan takjil gratis untuk masyarakat. Tidak hanya dinas, di kecamatan pun kegiatan serupa dilakukan, hari ini giliran Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor yang membagikan sekitar 300 takjil gratis," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Rabu.

Tradisi pembagian takjil gratis yang digagas oleh Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin itu diperuntukkan bagi masyarakat di sekitaran Jalan Tegar Beriman, Cibinong, yang hendak berbuka puasa.

Baca juga: Polres Bogor bagikan ratusan takjil gratis untuk masyarakat selama Ramadhan
Baca juga: MUI Bogor puji kebijakan bupati untuk bagikan takjil gratis setiap hari

Iwan menyebutkan, kegiatan itu juga sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia agar jajaran pemerintah menyambut puasa Ramadhan 1444 Hijriah kali ini dengan semangat kesederhanaan.

"Tidak berlebihan, dan anggaran yang biasa dipakai untuk buka bersama dialihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Salah satunya dengan kegiatan membagikan takjil gratis ini kepada masyarakat," kata Iwan.

Ia pun meminta untuk menu takjil yang disediakan enak untuk disantap, tidak hanya sekadarnya.

Baca juga: Bupati Bogor minta perangkat daerah siapkan 200 takjil gratis per hari selama Ramadhan

“Saya akan menilai mana dinas yang hanya ala kadarnya dan mana yang maksimal melaksanakan kegiatan berbagi takjil gratis ini. Yang jelas insya Allah kegiatan ini menjadi amal kebaikan kita di bulan Ramadhan,” tuturnya.

Iwan mengatakan bahwa kegiatan berbagi takjil gratis ini juga membuka peluang bagi masyarakat kurang mampu untuk dapat berbuka puasa dengan layak.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023