Hujan deras yang turun pada Rabu sekitar pukul 00.00 sampai 01.00 WIB menyebabkan banjir di wilayah Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik pada Rabu mengatakan, drainase yang tidak berfungsi baik membuat air meluap dari saluran dan membanjiri rumah warga di sekitarnya saat hujan deras turun.

Menurut dia, banjir sempat menimbulkan genangan setinggi 15 sampai 30 cm di lingkungan permukiman RT 01 RW 12 Kelurahan Limusnunggal dan berdampak pada 13 keluarga.

"Saat ini air yang menggenangi permukiman warga sudah surut," katanya.

Baca juga: Dua jam diguyur hujan deras sejumlah titik di Kota Sukabumi banjir dan longsor
Baca juga: Banjir genangi jalan provinsi di selatan Kabupaten Sukabumi
Baca juga: Banjir rob rusak bangunan di pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi

BPBD sudah mengerahkan petugas ke lokasi banjir. Petugas BPBD menggunakan alat untuk menyedot air yang menggenangi permukiman warga.

Hingga Rabu siang, petugas penanggulangan bencana masih membantu warga membersihkan lumpur dan sampah sisa banjir di Kelurahan Limusnunggal.

"Pada kejadian ini kami tidak menerima laporan adanya korban luka maupun jiwa serta tidak ada warga yang mengungsi," kata Novian.

Dia mengimbau warga mewaspadai potensi banjir saat hujan deras turun serta rutin bergotong royong membersihkan saluran air untuk memastikan aliran air tidak terhambat dan menyebabkan banjir.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023