Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memastikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di wilayah Purwakarta, Jawa Barat, relatif stabil menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H.

"Kami sudah melakukan peninjauan ke sejumlah pasar tradisional. Secara umum bisa dipastikan  pasokan cukup dan harga kebutuhan pokok relatif stabil menjelang Ramadhan," kata Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan dari sejumlah keterangan para pedagang, contohnya minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah, pasokan dan harganya aman.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok di Purwakarta stabil jelang Ramadhan

Begitu juga dengan beras, pasokannya aman dan harganya cukup stabil.

Untuk harga beras premium di Pasar Rebo Purwakarta saat ini sudah kembali normal di harga Rp9.000 per liter. Padahal sebelumnya pernah menyentuh harga Rp14.000 per liter.

"Sekarang ini, beras maupun kebutuhan pokok lainnya aman pasokannya, dan harganya relatif stabil," katanya.

Ia menyebutkan pasokan seluruh bahan kebutuhan pokok di pasaran aman, tidak terjadi kelangkaan sehingga harganya pun normal.

Baca juga: Bupati: Laju inflasi di Purwakarta saat ini masih cukup terkendali
Baca juga: Kementan pastikan ketersediaan dan harga 12 bahan pangan pokok di Purwakarta aman terkendali

Meski begitu, Anne mengakui masih ada beberapa harga bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan bukan karena menjelang bulan Ramadhan, tetapi karena permintaan masyarakat yang cenderung meningkat.

Seperti daging sapi, kini mengalami kenaikan menjadi Rp130 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp120 ribu per kilogram.

"Telur ayam juga mengalami kenaikan harga dari Rp29.000 per kilogram menjadi Rp31.000 per kilogram," kata dia.

Demikian pula dengan harga cabai merah keriting, mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram, kini menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023