Kepolisian Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat, mulai melakukan survei kelayakan jalan sebagai persiapan untuk pengamanan arus mudik Lebaran 2023 atau Operasi Ketupat Lodaya 2023.

"Survei kelayakan jalan di jalur mudik wilayah Karawang untuk mempersiapkan rencana pengamanan mudik Lebaran 2023," kata Wakapolres Karawang Kompol Prasetyo Nurcahyo, di Karawang, Sabtu.

Pengecekan kelayakan jalur mudik tersebut digelar mulai dari titik perbatasan Karawang-Bekasi atau Jalan Tanjungpura, Jalan Raya Syeh Quro hingga Jalur Pantura Perbatasan Karawang-Subang.

Baca juga: Karawang siapkan anggaran Rp5 miliar untuk perbaikan jalur mudik

"Kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait kesiapan mudik Lebaran 2023," katanya.

Selain mengecek kelayakan jalan di wilayah Karawang yang akan dilintasi pemudik, papar dia, juga dilakukan pengecekan sarana jalan raya atau fasilitas pendukung lainnya.

Fasilitas pendukung lain yang dicek, kata dia,  seperti lampu penerangan jalan dan rambu lalu lintas, termasuk rencana pendirian pos pengamanan di titik-titik strategis.

Baca juga: Kapolres sampaikan jalur mudik Karawang secara umum layak dilintasi
Baca juga: Polres Karawang siapkan personel di setiap pasar tumpah jalur mudik

Wakapolres mengatakan pihaknya sengaja lebih awal melakukan pengecekan persiapan mudik Lebaran 2023 karena ada sejumlah persoalan yang harus diinventarisir, di antaranya kondisi jalan, kondisi penerangan jalan, dan kesiapan lainnya.

Dia mengatakan kondisi jalan menjadi perhatian karena saat ini banyak titik jalan utama di Karawang yang rusak dan berlubang setelah terendam banjir pada pertengahan Februari 2023.

”Di jalur arteri saat musim hujan kondisi jalan banyak yang rusak dan berlubang sehingga hal ini menjadi perhatian karena rawan kecelakaan," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023