Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akhirnya merampungkan pembangunan jembatan Cibayongbong di Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis yang sempat ambruk pada Maret 2022 lalu.

"Pembangunannya menghabiskan anggaran sekitar Rp8,9 miliar, bersumber dari APBD Purwakarta," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia, di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan jembatan Cibayongbong yang menghubungkan Kecamatan Maniis dengan Kecamatan Sukasari itu dibangun dengan rangka baja dan lantai jembatan berupa pengerasan jalan beton.

Baca juga: Pemkab Purwakarta bangun akses masyarakat Sukasari

Jembatan tersebut memiliki bentang 30 meter, lebar jalan 7 meter dan lebar trotoar 60 centimeter.

Menurut dia, jembatan Cibayongbong yang  terletak di ruas Jalan Gunung Karung, Sukamukti, Kecamatan Maniis merupakan bagian dari pengembangan pembangunan Jalan Lingkar Barat Purwakarta.

Dengan selesainya pembangunan jembatan Cibayongbong, kini masyarakat setempat bisa kembali memanfaatkan jembatan Cibayongbong untuk mobilitas sehari-hari, dalam menjalankan roda perekonomian.

Baca juga: Purwakarta alokasikan anggaran Rp11 miliar bangun jembatan di wilayah terpencil

Sebelumnya, pada Maret 2022, jembatan itu ambruk dan sempat mengakibatkan lumpuhnya akses jalan warga Desa Sukamukti menuju desa lain di wilayah Kecamatan Maniis.

Ia mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan kembali melanjutkan pembangunan Jalan Lingkar Barat, yakni menuntaskan pembangunan ruas jalan Ciririp Sukasari dan pembangunan jalan Cikanyayang.

Pembangunan Jalan Lingkar Barat tersebut menjadi akses penting dalam rangka pengembangan wilayah bagian barat Purwakarta di berbagai sektor, di antaranya sektor pariwisata pertanian, perikanan dan peternakan.

Dengan dibangunnya ruas jalan itu diharapkan nantinya dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.*

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023