Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengerahkan personel Unit Sat Samapta ke lokasi banjir, khususnya ke jalan raya wilayah Klari untuk membersihkan saluran air dari sisa-sisa sampah yang menyumbat.

"Di jalan raya wilayah Klari yang sebelumnya tergenang, sekarang sudah surut. Jadi kami ikut membersihkan saluran air di daerah itu," kata Kasat Samapta Polres Karawang AKP Hasanudin Bahar, di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan aksi bersih-bersih tersebut dilakukan sebagai bentuk empati, demi pelayanan dan pengabdian pihak kepolisian kepada masyarakat, sehingga dengan sigap membantu warga korban banjir.

Baca juga: Bupati Karawang ingin ada kepastian ketersediaan logistik korban banjir
Baca juga: Ribuan hektare areal sawah di Karawang terendam banjir

Dalam aksi itu, personel Sat Samapta bergotong-royong untuk menyingkirkan puing dan sampah yang menyumbat saluran air disepanjang jalan raya di wilayah yang sebelumnya dilanda banjir.

"Ternyata air dari saluran air meluap, karena banyak sampah yang menyumbat," kata dia.

Aksi bersih-bersih di lokasi banjir itu dilakukan jajaran personel Sat Samapta Polres Karawang bersama Polsek setempat. Bahkan dibantu oleh warga setempat.

Menurut dia, aksi bersih-bersih itu dilakukan untuk membantu masyarakat membersihkan jalan dan jalan, karena banjir telah menyisakan sampah dan lumpur di jalan raya.

Baca juga: Ratusan personel kepolisian dikerahkan bantu penanganan banjir di Karawang

Ia mengatakan kegiatan bersih-bersih pascabanjir tersebut rencananya akan terus dilakukan jajaran kepolisian dari Polres Karawang, dibantu jajaran Polsek setempat.

"Tidak hanya membantu bersih-bersih di jalan pascabanjir, tapi juga kami akan ke kawasan pemukiman, membantu warga yang terdampak banjir untuk bersih-bersih rumah mereka. Sedikit, kami membantu meringankan warga," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023