PT Aneka Tambang (Antam) Tbk UBPE Pongkor menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Rp2,8 miliar untuk pemberdayaan dan percepatan pembangunan masyarakat di 11 desa yang ada di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

PT Antam bersama Forum Pimpinan Kecamatan Nanggung (camat, danramil, kapolsek), kepala Puskesmas Nanggung, kepala Puskesmas Curug Bitung, unsur pendidikan Kecamatan Nanggung, serta 11 kepala desa, sekretaris desa, dan BPD melaksanakan Musyawarah Pemberdayaan Masyarakat Desa (Muspemasdes) pada 22 Februari 2023.

Tujuannya untuk membahas, menyelaraskan, serta menyepakati program pembangunan yang bersumber dari Dana CSR/TJSL PT Antam pada tahun anggaran 2023. Musyawarah tersebut dihadiri juga oleh Anggota DPRD Kabupaten Bogor dapil 5, kepala Inspektorat dan DPMD Kabupaten Bogor.

Agenda bahasan dalam forum ini diambil dari Hasil Musyawarah Pembangunan Masyarakat Desa (Muspemasdes) yang mana usulan ini adalah merupakan skala pihak ketiga yang bersumber dari dana CSR/TJSL.

Semua program pembangunan tersebut berdasarkan dokumen RPJMDesa, yang selanjutnya dimasukkan dalam rencana program tahunan desa melalui RKPDesa, serta disahkan oleh Perdes APBDesa. Sehingga semua program yang disusun tidak akan terjadi tumpang tindih sumber dana.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Guru Besar IPDN Bandung, Prof Fernandes Simangunsong yang bertindak sebagai narasumber untuk memberikan arahan dan motivasi kepada peserta forum

Dengan dana CSR PT Antam ini, usulan masyarakat yang tidak terakomodir oleh sumber DD (Dana Desa), ADD (Alokasi Dana Desa), BHPRD, Bankeu Kabupaten, Bankeu Provinsi yang merupakan sumber pendapatan dana transfer dapat diakomodir melalui sumber CSR PT Antam Tbk UBPE Pongkor.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023