Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan kuota 280 orang pendaftar untuk mengikuti pelatihan keahlian berbagai bidang.

Kepala Disnaker Kota Depok Mohammad Thamrin di Depok, Jumat, menyebutkan hingga saat ini tercatat sebanyak 683 orang telah mendaftar secara daring melalui website https://simpel.depok.go.id.

"Tentunya nanti akan kami seleksi," katanya.
 
Thamrin menjelaskan pendaftar tersebut disiapkan untuk mengikuti sembilan jenis pelatihan keahlian yakni barista, tata boga, pangkas rambut, tata kecantikan, jasa komputer, tata busana, jasa elektronik, jasa telepon genggam, dan jasa perbaikan dan bongkar pasang AC. 
 
Pendaftar yang berminat wajib memenuhi sejumlah persyaratan seperti warga pemegang KTP Kota Depok, memiliki AK 1 atau kartu kuning dari Disnaker, berusia minimal 18 tahun, tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan, dan tidak sedang bekerja.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja Disnaker Kota Depok Tri Astuti Yeniretnowati mengatakan, nantinya para pendaftar akan menjalani seleksi secara tertulis dan wawancara. Seleksi dilakukan oleh instruktur dari masing-masing jenis pelatihan.
 
"Dengan kriteria kelulusan adalah mereka yang memiliki motivasi besar untuk bekerja atau membuka usaha mandiri, menguasai teknik minimal sesuai dengan jenis pelatihannya dan memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan," katanya.
 
Jadwal seleksi setiap jenis pelatihan akan diumumkan melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Kerja Depok (Simpel Kepok), instagram Bidang Pelatihan Disnaker Kota Depok di @pelatihan.disnakerdepok, maupun melalui layanan pesan whatsapp peserta. 
 
"Jadi, nanti para pendaftar bisa mengecek di sana untuk melihat jadwal seleksi," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta fasilitasi kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi

Baca juga: Taiwan jadi negara tujuan PMI asal Karawang terbanyak sepanjang 2022
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023