Pengasuh Majelis Burdah Miftahussalamah, Habib Nabil bin Ridho Al-Habsy akan memimpin umat Muslim ziarah kubur ke sejumlah makam keramat di wilayah Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 26 Februari 2023 dalam kegiatan "Ziarah Kubro 8".

"Jamaah yang ikut sekitar ribuan. Karena mengundang bikers dan juga jamaah majelis dari berbagai daerah. Mulai dari Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten," kata Habib Nabil dalam keterangannya di Bogor, Jumat.

Menurutnya, kegiatan ziarah kubur merupakan salah satu tradisi yang dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Habib Nabil mengatakan, kegiatan safari akan dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB pagi hingga petang, diawali dengan ziarah ke makam ibunda Habib Nabil di Lolongok. Lalu dilanjut ke makam Keramat Empang, Bakom dan lainnya.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ziarah kubro ini dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiyah bagi masyarakat kota dan Kabupaten Bogor dan jemaah yang mengikuti rangkaian kegiatannya.

“Harapan kami adalah mencari satu kebarokahan mencari ridha Allah Ta’ala dalam mengukuhkan Ukhuwah Islamiah, khususnya di wilayah Bogor agar kedepannya umat muslim lebih kompak dan terjaga serta jauh dari unsur orang yang ingin memecah belah,” jelas Habib Nabil.

Menurut dia, ziarah kubro kedelapan ini, para jamah akan berkumpul di Majelis Burdah Miftahussalamah yang berlokasi di Jalan Veteran III, Gang Salam, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Dia juga menjelaskan, selain melakukan kegiatan ziarah ke makam-makam, dalam kegiatan ziarah kubro ini, akan digelar juga doa bersama untuk bangsa.

“Agar bangsa Indonesia senantiasa aman makmur dan selamat. Kami berharap ziarah kubro ini bisa menjadi agenda rutin di Bogor,” ujar Habib Nabil.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023